KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN CLOUD STORAGE

 

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Pada dasarnya layanan penyimpanan cloud tentunya memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam hal penyimpanan data-data yang penting secara praktis. Dengan kemudahan yang diberikan tersebut cloud storage juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya :

  • Kelebihan Cloud Storage :
  1. File Tidak Mudah Rusak :

Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Kualitas serta keadaan file tersebut, akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

  1. Media Penyimpanan Tidak Mudah Rusak

Media penyimpanan tidak mudah rusak karena tidak berupa benda fisik. Penyedia pelayanan akan menjaga server dengan baik, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Ketika terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah secara otomatis menyiapkan back-up data yang disimpan di dalam server tersebut.

  1. Tidak memenuhi media penyimpanan fisik yang dimiliki

Ketika kita menggunakan cloud storage tentunya akan jauh lebih mengemat tempat padida media penyimpanan tambahan lain seperti hard disk atau flash disk karena da akan tersimpan pada database dalam bentuk digital sehingga tidak akan memenuhi memori penyimpanan di dalam pc maupun hp.

  1. Bisa Diakses Dimana Saja

Dengan menggunakan cloud storage kita tidak perlu membawa hard disk maupun flash disk lagi kemanapun karena semua data yang akan kita gunakan sudah tersimpan di server. Ketika kita membutuhkannya tinggal membuka dan mengunduhnya saja kapanpun  dan dimanapun yang terhubung dengan jaringan internet.

  1. Keamanan Privasi

Privasi kita juga lebih terjaga karena hanya kita sendiri yang dapat mengakses maupun mengelolahnya, beda dengan media penyimpanan seperti flashdisk yang bisa di pinjam orang lain dan otomatis pengguna lain dapat melihat isi file kita. Sedangkan Cloud Storage untuk mengakses di perlukan login ke akun terlebih dahulu menggunakan Username dan Password.

  • Kekurangan Cloud Storage :
  1. Membutuhkan Akses Internet

Ketika kita akan mengakses data-data yang akan digunakan kita harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat mengakses cloud storage, jika tidak maka aplikasi ini tidak dapat diakses. Untuk dapat mengunggah maupun menyimpan file dengan cepat juga sangat dibutukan koneksi internet yang stabil.

  1. Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi

Apabila kita akan menyimpan data yang memiliki ukuran yang besar tentu akan menjadi masalah jika internet tidak dalam kondisi stabil. Koneksi internet harus dalam kondisi stabil dan cepat unmtuk dapat mengakses file secara cepat, jika tidak maka akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

  1. Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down

Ketika server mengalami down, maka data yang telah disimpan dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

  1. Rentan Terhadap Peretasan

Cloud storage juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. File-file ataupun data yang telah kita simpan di dalam cloud storage bisa saja dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Sumber :
http://kitashere.blogspot.co.id/2016/10/cloud-storage-kelebihan-dan-kekurangan.html
https://teknobos.com/plus-minus-menggunakan-penyimpanan-cloud/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.