PERJALANAN GAMADA 2016

Hari ini tepat 1 Agustus 2016 adalah hari yang sangat dinantikan bagi para maba (mahasiswa baru) Universitas Gadjah Mada. Langkah awalku memijakkan kaki di tanah Universitas Gadjah Mada. Mulai pagi hari kami bergegas menuju ke lapangan GSP UGM untuk memulai melaksanakan PPSMB yaitu Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru. Diawali dengan opening ceremony yang dipimpin oleh Ibu Rektor yaitu Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. Suara riuh semangat para peserta PPSMB kala itu mulai terdengar memadati lapangan GSP. Apalagi ketika Bapak Ganjar Pranowo, S.H. menyampaikan sambutannya yang membakar semangat para peserta PPSMB kala itu. Acara tersebut tidak kalah seru juga dengan penampilan para penerjun payung yang membawa tulisan untuk menyambut para maba UGM. Setelah opening ceremony berakhir, kami diarahkan menuju ke gugus masing-masing yang telah ditentukan. Pada waktu itu saya masuk Gugus Koesnadi Hardjosoemantri dan bertempat di Fakultas Hukum. Di dalam Gugus itu kami dipecah lagi menjadi beberapa kelompok dan saya berada di Gugus Koesnadi Hardjosemantri 4 yang dipandu oleh dua orang kakak cantik yang sangat baik dan ramah. Kakak-kakak itu adalah Mbak Anya dan Mbak Yayang begitulah kami memanggilnya. Mereka adalah kakak-kakak pemandu (co-fas) yang akan menemani kami selama berada di PPSMB tingkat Universitas. Masuk hari kedua, saya bergegas pagi-pagi berangkat ke Fakultas Hukum UGM untuk melanjutkan kembali rangkaian PPSMB hari kedua tersebut. Sampai di kelas sudah banyak teman-teman yang datang di kelas, di sana kami mengobrol satu sama lain menanyakan nama, asal, dsb. Pada hari kedua itu kegiatan PPSMB berisi materi mengenai pengenalan lebih jauh tentang UGM yang disampaikan oleh kakak pemandu juga seperti hari pertama. Disela-sela kegiatan kami diajak untuk melakukan ice breaking dan juga permainan yang seru dan menyenangkan. Di tengah sesi kami menyempatkan diri untuk berfoto.

Pada hari ketiga kami melanjutkan kembali rangkaian PPSMB, akan tetapi kali ini berbeda karena berada di tingkat fakultas. PPSMB di fakultas saya yaitu Sekolah Vokasi memiliki nama PPSMB PERMADANI. Saya tergabung dalam kelompok ROCKWELL yang dipandu oleh mbak Peni. Kegiatan hari itu diawali dengan dikumpulkannya kami di GSP untuk menyaksikan sambutan dari Dekan Sekolah Vokasi yaitu Bapak Ir. Hotma Prawoto Sulistyad, M.T., IP.MD. dan juga beberapa persembahan dari berbagai UKM yang ada di Sekolah Vokasi. Sebelum PPSMB hari ketiga tersebut berakhir kami diarahkan menuju ke lapangan untuk membentuk suatu formasi yang menggambarkan kemerdekan RI ke-71.

Kemudian pada hari keempat, dari fakultas kami dibagi lagi menjadi beberapa cluster dan waktu itu saya masuk ke dalam cluster Metamorv kelompok Bambang Sutrisno. Kegiatan pada hari itu berisi permainan serta pengenalan lebih lanjut tentang prodi masing-masing jurusan dan juga permainan. Setelah itu kami diarahkan keluar dari gedung hall GP untuk membentuk formasi lambang Metamorv yang menandai berakhirnya acara PPSMB tingkat fakultas.

Setelah itu, pada hari kelima, saya kembali lagi ke Gugus Koesnadi Hardjosoemantri 4. Pada hari itu rangkaian acara berisi dengan materi tentang softskill yang disampaikan oleh salah satu dosen dari Fakultas Hukum UGM. Dalam kegiatan softskill tersebut dibagi menjadi tiga sesi yang diselingi juga dengan ice breaking dan permainan. Dan yang sangat menyenangkan karena selama ini dalam setiap permainan akan dilombakan dan yang kalah pasti harus melakukan anthem palapa di depan kelas.

Akhirnya 6 Agustus 2016 merupakan saat yang sangat ditunggu bagi para GAMADA (Gadjah Mada Muda). Setelah menjalani rangkaian materi softskill kami diarahkan ke lapangan GSP untuk closing ceremony. Hal yang paling ditunggu-tunggu saat itu adalah formasi penutupan PPSMB. Dengan terbentuknya formasi lambang United Nations atau PBB untuk formasi tahun ini. Selain itu kami juga membuat beberapa lambang lain dari kertas asturo yang disusun seperti LED sehingga membentuk formasi-formasi dari tahun sebelumnya yaitu 2012-2015. Atmosfer dan riuh dari pada GAMADA yang menunggu-nunggu akan formasi tahun ini sangat jelas terasa. Kemudian diakhir acara Ibu Rektor Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. menyampaikan ucapan selamat datangnya kepada para GAMADA lalu semua GAMADA mulai merayakannya dengan selebrasi anthem palapa yang menandai berakhirnya PPSMB tahun 2016 ini. Kenangan PPSMB tahun 2016 ini adalah kenangan yang tidak akan bisa saya lupakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.