PERAN TI SAAT INI

Perkembangan zaman di era globalisasi ini tidak bisa dipungkiri semakin mendorong kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi informasi saat ini telah memunculkan berbagai hal-hal baru dan membawa dampak yang cukup besar bagi aktifitas manusia. Saat ini mulai muncul berbagai kebutuhan berbasis elektronik yang akan memudahkan kita untuk mendapatkan akses informasi maupun melakukan berbagai kegiatan apapun dengan cepat kapanpun dan dimanapun. Bahkan di berbagai bidang rata-rata saat ini sudah mulai memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini misalnya bidang pendidikan, kedokteran, pertahanan, ekonomi, dsb.

Saat ini di bidang pendidikan sudah mulai berkembang akses sarana pembelajaran tanpa tergantung ruang dan waktu, misalnya ketika murid tidak sempat untuk bertanya mengenai materi yang tidak ia pahami ia dapat mencarinya melaui media e-learning. Saat ini sudah mulai tersedia saluran atau situs web yang menyiarkan mengenai program pendidikan seperti quipper, ruangguru, zenius, dsb. Selain itu, kita juga dapat mencari buku yang mungkin tidak kita miliki dengan mengakses secara gratis melalui e-book. Produk-produk teknologi informasi lainnya di bidang pendidikan adalah e-journal, e-library, dsb. Kemajuan ini diharapkan dapat meningkatkan pemerataan mutu pendidikan yang ada saat ini diberbagai daerah.

Akan tetapi, kemajuan teknologi informasi juga dapat menimbulkan dampak negative seperti menjadi lebih ketergantungan terhadap internet yang menyebabkan menjadi malas untuk membaca. Selain itu, saat ini juga mulai marak aplikasi game online yang jika tidak diawasi atau dikontrol dengan baik maka seseorang akan menjadi ketergantungan dan bahkan menjadi sangat terobsesi sehingga dapat menimbulkan hal yang tidak diinginkan nantinya.

Di bidang kedokteran sendiri kemajuan teknologi informasi ini dapat dilihat dari pengembangan e-health yang ada di fasyankes saat ini. Fasyankes mulai menerapkan atau menggunakan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen RS) atau SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) dalam kegiatannya. Aplikasi ini dapat memudahkan dalam melakukan registrasi terhadap pasien sehingga pelayanan kepada pasien dapat diberikan dengan cepat. Aplikasi ini juga saling terhubung dalam satu fasyankes sehingga dapat membantu dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya saling bertukar infomasi secara elektronik serta untuk mengambil data rekam medis pasien kapan pun dan dimana pun.

Saat ini dalam dunia kedokteran juga sudah mulai menggunakan alat-alat medis yang canggih berbasis elektronik dan dapat menunjang efektifitas kinerja dokter dalam pelayanannya seperti USG, MRI, CT-Scan, dsb. Selain itu, adanya teknologi informasi juga memudahkan kita ketika ingin mencari informasi atau berkonsultasi kepada suatu dokter tetapi terkendala oleh tempat dan waktu dengan mengakses situs web yang ada saat ini seperti klikdokter, alodokter, dokter.id, dsb.

Bidang pertahanan juga memanfaatkan teknologi informasi yang akan digunakan untuk menjaga dan memberikan informasi, misalnya untuk mengetahui kondisi suatu negara yang membutuhkan informasi secara cepat. Selain itu teknologi informasi dapat digunakan untuk operasi persandian dan pengirimannya, untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan untuk melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer. Disamping itu, adanya teknologi informasi juga bisa menimbulkan dampak negative misalnya pihak lain yang berusaha memecah belah kesatuan dan persatuan dengan menyebarkan informasi yang tidak benar melalui media internet.

Di bidang ekonomi sendiri dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat misalnya memudahkan dalam mencari lowongan pekerjaan menggunakan situs web seperti jostreet, jobsDB, jobs.id, dsb. Selain itu, juga dapat membuka lapangan kerja dalam hal berbisnis, masyarakat saat ini dapat memasarkan produknya secara luas dengan berbasis e-commerce. Mereka dapat dengan mudah bertransaksi untuk jual beli barang tanpa dibatasi ruang dan waktu menggunakan situs web yang popular saat ini seperti zalora, shopee, lazada, dsb. Untuk memudahkan dalam hal pembayaran saat ini juga sudah ada e-banking sehingga memudahkan dalam melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun.

Dengan adanya kemajuan teknologi informasi tersebut tentunya sangat memberikan manfaat yang cukup besar di berbagai bidang kehidupan manusia. Akan tetapi, tidak dipungkiri juga dengan adanya kemajuan teknologi informasi ini sendiri dapat membawa dampak negative seperti ketergantungan gadget, munculnya konten negative oleh orang yang tidak bertanggung jaawb, penyebaran informasi palsu, dsb. Maka dari itu, saat ini masyarakat juga harus lebih selektif dalam menerima segala informasi yang ada dan juga menggunakan teknologi informasi yang ada saat ini secara bijak sesuai kebutuhan dengan memikirkan dampak yang ditimbulkan untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan teknologi informasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.