INTERNET AND NETWORK

1) SEJARAH INTERNET

Internet. Siapa yang tidak tahu internet? Tentunya kata tersebut sudah tidak asing lagi di era globalisasi saat ini. Internet atau Interconnected Network adalah gabungan dari semua jaringan yang saling terhubung melalui protocol TCP/IP. Internet berawal dari sebuah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika yang dibentuk pada tahun 1969 melalui proyek ARPA menjadi ARPANET.
Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, yang membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. Tujuan awal pembuatannya adalah untuk menghubungkan komputer di daerah-daerah vital dalam mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat sehingga mudah dihancurkan bila terjadi perang.
ARPANET mulai diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu, ARPANET dibagi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

A. SEJARAH INTERNET DUNIA
Sejarah Internet dimulai tahun 60-an ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Kemudian tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung.
Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”. Selain protokol Internet, Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) telah berjasa dalam alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Kemudian, pada tahun 1980-an mulai terjadi komersialisasi dan privatisasi Internet di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
B. SEJARAH INTERNET DI INDONESIA
Sejarah internet Indonesia dimulai pada dekade 1990-an, saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Awalnya jaringan internet hanya dimanfaatkan untuk memudahkan dalam berkomunikasi dan melakukan aktivitas perdagangan. Hanya orang-orang yang sudah masuk paguyuban saja yang bisa mengakses Internet di Indonesia, itu pun fasilitasnya masih minim dan teramat sederhana.
Kemudian, tahun 1986-1987 mulai muncul perkembangan jaringan paket radio dengan memanfaatkan Internet. Robby Soebikato merupakan pionir dikalangan pelaku amatir radio di Indonesia yang mengaitkannya dengan jaringann Internet. Pada tahun 1994-an, ISP komersial pertama IndoNet mulai beroperasi. Sambungan awal untuk Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet. Akhirnya, mulai tahun 1995 sampai saat ini akses internet Indonesia terus berkembang dengan seiringnya waktu. Indonesia dapat dibilang mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sampai sekarang ini.

2) INTERNET BROADBAND

Internet adalah jaringan yang saling terhubung antar komputer satu dengan lainnya yang digunakan untuk bertukar data atau informasi. Internet sendiri ternyata memiliki beragam jenis, salah satunya adalah internet broadband. Internet broadband yaitu koneksi internet dengan teknologi broadband, yang memiliki frekuensi jangkauan lebih luas. Internet broadband memiliki koneksi yang jauh lebih cepat dibanding dengan dial-up memiliki kendala sering mengalami disconnect server, sehingga mengganti nya dengan broadband merupakan pilihan yang tepat.
Faktor-faktor diatas membuat koneksi internet broadband metode yang disukai untuk akses internet. Istilah, broadband dalam ‘koneksi internet broadband’, mengacu pada bandwidth dari koneksi internet. Bandwidth umumnya merujuk pada kecepatan transfer data dalam jaringan komputer dan koneksi internet. Kecepatan transfer data yang biasanya diukur dalam bit per detik (bps). Dalam koneksi internet broadband, kecepatan transfer yang sangat tinggi dibandingkan dengan dial-up koneksi internet. Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada biaya, kecepatan dan ketersediaan, yaitu :
a. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)
• ADSL merupakan koneksi internet broadband paling umum yang berupa alat digital untuk mengakses internet tanpa menggangu saluran telepon.
• Bekerja dengan kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi.
• Memungkinkan koneksi internet kecepatan tinggi tanpa saluran telepon Anda tetap sibuk.
• Kecepatan proses download lebih besar daripada kecepatan upload sehingga disebut asimetris.

b. SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
• SDSL sama dengan ADSL, hanya berbeda karena identik dengan kecepatan upload.
• Hal ini bermanfaat untuk tujuan bisnis komersial dan sebagai kecepatan upload yang diperlukan adalah tinggi.
• Lebih mahal dibandingkan ADSL, tetapi sepadan dengan biaya ketika bisnis dan keuntungan komersial dipertimbangkan.

c. Wireless Broadband Internet Connection
• Koneksi internet nirkabel adalah koneksi yang paling butuhkan saat ini seperti laptop, palmtop dan ponsel, serta semua yang memiliki koneksi internet nirkabel.
• Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses
• Bekerja dengan kecepatan berkisar 128 kbps sampai 2 Mbps.

d. Cable Broadband Internet Connection
• Internet yang dapat diakses melalui sambungan TV kabel.
• Kabel koneksi internet broadband mempunyai kecepatan dari 2 Mbps hingga 8 Mbps.
• Lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload sama.

e. Satellite Broadband Internet Connection
• Satelit koneksi internet broadband adalah solusi mengatasi masalah keterbatasan jangkuan daerah yang dapat diakses internet.
• Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet yang membutuhkan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya untuk menerima sinyal.
• Kecepatan akses adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload.
• Kecepatan sinyal tergantung pada cuaca.

f. Fiber Optic Broadband Internet Connection`
• Teknologi serat optik adalah teknologi yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya melalui kabel fiber optik.
• Jaringan ini sering digunakan meski biayanya mahal karena menyediakan jangkauan yang tak tebatas.
• Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

3) IP ADDRESS DAN HUBUNGANNYA DENGAN DOMAIN

IP Address adalah sebuah alamat nomor IP yang diberikan pada sebuah komputer agar dapat terhubung ke jaringan sehingga dapat saling bertukar informasi. IP Address berisi deratan angka biner antara 32 bit – 128 bit yang digunakan untuk alamat identifikasi tiap komputer host dalam jaringan internet. Biasanya panjang deretan angka biner 32 bit yaitu untuk IP versi 4 atau yang biasa kita kenal sebagai IP4. Sedangkan 128 bit yaitu digunakan untuk IP versi 6 atau IP6. Dan angka-angka tersebutlah yang akan menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TPC/IP. Tujuan diberikanya IP Address pada sebuah komputer yaitu agar komputer tersebut dapat teridentifikasi oleh jaringan. Peran IP Address pada sebuah jaringan komputer sangatlah penting sekali, sebab jika pada komputer tidak terdapat IP Address maka komputer tersebut tidak dapat terhubung ke jaringan.
• Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “balimechanicweb.net”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.Dalam membuat atau membangun sebuah website, hal yang selalu dan wajib ada adalah domain dan web hosting. Website dan domain sangat erat hubungannya dan tidak dapat terpisahkan
• Tujuan Alamat IP dan Hubungannya dengan Domain
Tujuan menciptakan sistem nama domain alamat IP adalah untuk dapat terhubung ke komputer lain di internet hanya dengan menerapkan nama yang mudah diingat daripada alamat IP tertentu. Sehingga, nama domain harus memiliki alamat IP yang cocok untuk berfungsi dengan benar. Ini juga salah satu penjelasan terbaik yang menunjukkan bagaimana nama domain dan alamat IP yang terhubung. Dengan nama domain alamat IP, kita memiliki kebebasan untuk kedua jenis nama domain atau alamat IP ke web browser dan kita pasti akan melihat halaman yang sama. Hal ini dikarenakan ketika kita mengetik nama domain ke dalam web browser, Internet Service Provider (ISP) itu kemudian akan mencari alamat IP yang terkait di server Domain Name System mereka. Itu merupakan mekanisme bagaimana nama domain alamat IP bekerja.4) FITUR-FITUR PADA BROWSER
Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Jenis-jenis browser antara lain:
a. Google Chrome
1. Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
2. Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
3. Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
4. Perhitungan cepat dari Addres Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya.
b. Internet Explorer (IE)
1. Hardware Acceleration, fitur ini akan membantu ketika Anda sedang membuka website yang megandung konten grafis yang berat
2. Add-on Performance Advisor, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau menghapus add on yang menurut Anda tidak perlu.
3. Enhanced Tabs, fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tab antar jendela dengan melepasnya dari tab bar dan memindahkannya ke jendela lain, dan halaman yang Anda buka masih tetap akan berjalan ketika tabnya Anda pindahkan.
4. Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
5. Download Manager, untuk membuat daftar tentang file yang kita unduh dari internet. Anda pun memungkinkan untuk melakukan jeda pada file yang akan Anda unduh, bahkan Download Manager ini pun memberikan peringatan kepada Anda jika file yang Anda unduh ini mengandung file yang berbahaya.
6. Pin to Task salah satu keunggulan Internet Explorer adalah kemampuannya menyematkan alamat web ke dalam taskbar desktop Anda. Hal ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows 7 saja. Jadi jika Anda sering mengunjungi website tersebut, Anda bisa menggesernya ke dalam taskbar, dan Anda hanya perlu menekan ikon yang berada pada taskbar Anda untuk mengunjungi situs Anda tersebut, dan Anda bisa melihat pengaturan atau berita terkini tentang situs Anda hanya dengan menekan klik kanan pada mouse pada ikon tersebut.
7. All in One Box, untuk melakukan pencarian web. Perbedaannya hanya terdapat pada search engine, jika Google Chrome menggunakan Google sebagai mesin pencarinya, maka Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
c. Opera
1. Tab stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri.
2. Mouse gesture, untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali.cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda dibrowser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.
3. Opera turbo,fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (wifi umum, dsb) ini juga bisa anda gunakan untuk menghemet biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.
4. Opera link, untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes,dan data lainnya antara browser opera dikomputer anda dan browser opera didevise anda( opera mobile,opera mini, dll)
5. Password manager, untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan user name tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda.
d. Flock
1. Photo Uploader, Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
2. People Sidebar, sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan kita untuk mengakses empat web site keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter, dan YouTube.
3. Webmail, fitur untuk mencek email tanpa harus membuka langsung alamat webnya.
4. Blog Editor, Aplikasi ini hampir mirip dengan addon Mozila Firefox, Performancing atau ScribFire. Bedanya, tentu saja, aplikasi ini telah disempurnakan dengan menambahkan fitur-fitur yang baru. Tidak hanya bisa digunakan untuk menulis draft sebuah posting dan melakukan publish semata, namun bisa juga untuk memasukan file multimedia yang tersebar di jejaring sosial ke blog yang kita miliki. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dengan cara offline pada saat menuliskan artikel. Koneksi ke internet hanya digunakan pada saat kita membutuhkan untuk melakukan publikasi dari tulisan blog tersebut.
5. Media Bar, Bar yang bakal muncul di atas halaman yang sedang kita navigasi ini bakal menunjukkan karya-karya keren dari user Flickr dengan aspek rasio 1:1. Walaupun agak menghalangi pandangan kita dalam bernavigasi, jika kita buka bar ini tentunya, foto-foto indah yang terpampang di sana akan membuat kita tersenyum dan melanjutkan browsing dengan menggeser-geser ke kanan foto-foto keren tersebut..
6. Accounts And Services Sidebar, sidebar ini bakal ngebantu kita buat login ke beberapa website pilihan Flock, sehingga mempermudah akses kita. Sayangnya, sebaiknya tidak digunakan di shared computer..
7. Web Clipboard, Dengan menggunakan fitur ini, kita dengan leluasa mengambil konten-konten dari web berupa teks, tautan ataupun gambar untuk disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dengan cara yang mudah, yakni cukup dengan cara click and drag.
e. Safari
1. iCloud Tabs, melalui fitur ini kita bisa sinkronisasi data atau menyimpan file di iCloud.
2. Offline Reading List, dapat menyimpan artikel menarik dalam satu daftar dan tidak menggunakan lagi koneksi internet untuk membuka artikel yang sudah ada pada Reading List.
3. Photo Library, dapat mempermudah untuk mengupload photo dan video yang kita miliki.
4. Nitro Engine, mengelola Aplikasi web lebih cepat
5. Cover Flow, tampilan bookmark dan history lebih nyaman
6. Smart Address Field
7. Smart Search Field
f. Avant Browser
1. AutoFills, membantu pengguna untuk menghafal password web, dan mengisi password untuk pengguna dengan 1 klik..
2. RSS Reader, Memungkinkan pengguna untuk membaca RSS / ATOM feed seperti browsing halaman web. Dan pengguna dapat menyimpan feed favorit mereka sebagai penanda.
3. Popup / iklan Blockers, Mudah menghilangkan banner AD yang tidak diinginkan, Flash iklan dan pop-up secara otomatis ke halaman bandwidth menyimpan.
4. Melindungi Kerahasiaan, Melindungi privasi pengguna dengan menghapus semua jejak browsing: Typed URL, otomatis selesai, Cookie, Sejarah, Internet Files dll.
5. Profil penyimpanan online, menyimpan pengguna ‘penanda, RSS Feeds, konfigurasi atau web password etc, dalam Avant Online Storage. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses data pribadi dari mana saja, kantor, rumah atau internet kafe, dan tidak perlu khawatir tentang kehilangan data ketika mereka kembali instalasi Windows
6. Flash Animation Filter, Lebih dari 85% dari semua animasi flash di halaman web advertising. File flash ini dia akan besar, dan biasanya memakan waktu hingga 90% dari ukuran halaman yang anda kunjungi. Dengan Avant Browser Anda dapat menyimpan bandwidth oleh memblokir download file flash ini hanya dengan satu klik mudah. Avant Browser juga menyediakan pilihan untuk memblok download gambar, video, suara dan komponen ActiveX. Dengan pilihan ini pengguna dapat mengendalikan mereka bandwidth dan mempercepat loading halaman
7. Multi-Window Browsing, user pada beberapa halaman web secara bersamaan. Semua halaman dapat dibuka dengan mudah dihentikan, refresh, tutup atau diatur dengan satu klik.
8. Built-in Search Engine, Avant Browser menyediakan built-in mesin pencari. Dilengkapi dengan mesin pencari memungkinkan pengguna untuk mencari halaman web, gambar, grup, direktori, berita, lirik dan software di Internet
9. Customizable Skins, Expresikan kreativitas Anda dengan membuat skin untuk menggunakan Avant khusus, mudah untuk menggunakan program bernama Avant Browser Skin, atau menggunakan salah satu dari banyak dan beragam skin yang dibuat oleh pengguna lain.
g. Mozilla Firefox
1) Sync, fitur untuk mensinkronisasi data di browser seperti setting, add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebut ditempat lain, kita bias mensingkronkannya dengan browser lama kita
2) Inspektur Page View 3D
3) CSS text-size-adjust
4) Style Editor CSS
5) Firefox Notification

6) KOMPONEN ALAMAT WEB

Alamat web memiliki 4 bagian dasar, yaitu :
a. Nama Domain
Nama domain sering merupakan awal dari alamat web. Terkadang, seperti halnya Freeserver, hal ini adalah bagian kedua dari alamat web dan nama pengguna adalah yang pertama. Selain itu juga bagian dari alamat web yang disediakan untuk Anda oleh penyedia hosting. Biasanya ada nama host web di dalamnya. Sebagai contohnya sebagai berikut.
• Freeserver
• Nama Domain: www.freeservers.com
• URL Situs Web Anda: http://username.freeservers.com
• Weebly
• Nama Domain: weebly.com
• URL Situs Web Anda: http://username.weebly.com
b. Username Anda
Ketika Anda mendaftar untuk layanan hosting, Anda harus memberi mereka username dan password. Nama pengguna yang Anda pilih saat pendaftaran adalah nama pengguna untuk situs web Anda. Cukup ketik dalam kombinasi yang tepat dengan domain dan Anda memiliki dasar untuk alamat web Anda. Cari tahu di FAQ bahwa layanan hosting Anda mengarahkan nama Anda masuk ke alamat web sehingga saat bersamaan Anda dapat mengetahui domain untuk alamat web Anda.
c. Nama Folder
Jika Anda telah menyiapkan serangkaian folder untuk menyimpan halaman, grafik dan file lainnya, Anda perlu menambahkan nama folder ke alamat web Anda untuk membuka halaman Web yang ada dalam folder. Jika Anda memiliki halaman Web yang tidak dibuat untuk sebuah folder baru, maka Anda tidak memerlukan bagian ini. Laman web Anda hanya ada di folder utama.
Sebagian besar waktu, jika Anda ingin agar situs web Anda tetap teratur, Anda akan menyiapkan folder untuk melacak file Anda. Anda akan memilikinya untuk gambar dikenal seperti “grafis” atau “gambar”. Maka Anda akan memiliki folder untuk hal-hal tertentu seperti tanggal, keluarga atau apapun situs Anda.

d. Nama File
Setiap halaman web yang Anda buat akan memiliki sebuah nama. Anda dapat menghubungi “homepage” halaman web Anda, maka nama filenya akan seperti “homepage.htm” atau “homepage.html”. Jika Anda memiliki situs web yang bagus, mungkin Anda akan memiliki banyak file atau halaman web yang berbeda. Semuanya memiliki nama yang berbeda. Bagian ini menjadi hal terakhir dari alamat web Anda.

7) CARA PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).
Untuk melakukan pencarian pada web browser agar dapat menampilkan hasil pencarian yang efektif dan efisien, tepat sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan cara meletakkan kode-kode tertentu baik berupa tanda baca maupun kalimat-kalimat tertentu untuk mengarahkan hasil pencarian. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien, antara lain :
1. Gunakan mesin pencari yang tepat.
Gunakanlah mesin pencari yang tepat. Saat ini, google adalah mesin pencari yang sangat banyak digunakan oleh orang-orang.
2. Gunakan kata kunci yang spesifik
Masukkan kata kunci yang spesifik, sehingga dapat memudahkan kita dalama pencarian, jangan gunakan kata kunci yang terlalu umum. Misalnya kita ingin mencari mengenai sejarah Internet maka keyword yang dimasukkan seharusnya “Sejarah Internet” jangan hanya “Internet”.
akan sesuai dengan harapan.
3. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika belum menemukan informasi yang ingin dicari, gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik. Misalnya ketika mencari “Tutorial Blog” informasi yang didapat masih kurang, maka coba menggunakan kata kunci lain “Tutorial Membuat Blog”.
4. Gunakan kalimat Tanya
Jika kita ingin mencari informasi tentang sesuatu, kalimat tanya bisa kita gunakan. Misalnya ketika ingin mencari informasi tentang cara membuat e-mail, maka kata kuncinya “Bagaimana langkah membuat e-mail”.
5. Gunakan “tanda kutip”
Agar hasil pencarian sesuai yang diinginkan, kita dapat menambahkan tanda kutip pada kata kunci yang dimasukkan. Sehingga, mesin pencari akan menghapus hasil pencarian yang tidak berhubungan.
6. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
• Tanda (+) digunakan untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. Misalnya “Pengertian IP Addres”+domain hasil pencarian akan memuat IP Adddres dan juga domain.
• Tanda (-) digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan hasil pencarian yang tidak diperlukan.
7. Gunakan fungsi “Find” pada browser anda
Ketika mesin pencari sudah membawa pada halaman yang dicari, kita belum tentu langsung menemukan apa yang dicari. Maka kita dapat menggunakan fungsi “Find” dengan menekan [Ctrl+F] pada browser kemudian memasukkan kata yang dicari.
8. Gunakan informasi jenis atau type file
Informasi di internet tidak hanya website tetapi dapat berupa beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Jika ingin mencari file jenis tersebut, caranya tinggal menambahkan kode filetype, seperti “soalsbmptn.pdf “.

8) DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF JEJARING SOSIAL


Di era globalisasi saat ini, kata media sosial pasti sudah tidak asing lagi kita dengar. Perkembangan media sosial memang semakin menjamur, saat ini media sosial tidak hanya digunakan orang dewasa melainkan anak-anak kini telah mulai menggunakannya. Berawal dari Friendster, Facebook, Twitter, Skype, Line, WhatsApp, Path, Instagram, Snapchat dan sebagainya kini banyak perusahaan berlomba-lomba dalama membuat dan mengembangkan aplikasinya. Kemudahan akses internet juga menambah faktor peningkatan peggunaan media sosial dikalangan masyarakat. Dengan semakin menjamurnya sosial media tentu memberikan dampak positif membantu kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, baik teman maupun saudara. Jika kita amati, terdapat dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari sosial media, antara lain :
a. Dampak Positif :
• Sebagai media komunikasi antar pengguna tanpa dibatasi jarak dan waktu
Dengan adanya media social dapat memudahkan kita ketika ingin berkomunikasi dengan pengguna lain atau teman dari jarak jauh di seluruh dunia. Kita dapat menggunakan WA, line, dan sebagainya untuk chatting atau video call tanpa harus bertatap muka.
• Memperluas jaringan pertemanan
Dengan menggunakan jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang belum kita kenal sekalipun dari berbagai seluruh dunia.
• Sebagai media untuk bertukar data atau informasi dengan cepat dan murah
Dengan adanya media social kita dapat saling bertukar data atau informasi dengan mengirim foto, dokumen, ataupun pesan suara ke pengguna lainnya secara cepat dan murah.
• Sebagai media promosi bisnis
Dengan memanfaatkan sosial media, kita dapat mempromosikan barang atau jasa yang kita jual dengan cepat dan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dengan cara ini membuat bisnis yang kita jalankan semakin luas pasarannya bahkan sampai internasional. Selain itu, juga dapat memudahkan kita ketika akan berkomunikasi dengan pelanggan.
• Lebih mudah mengakses informasi yang sedang up to date
Informasi-informasi ter-update, seperti berita terbaru, gossip, dan informasi lain seperti lowongan pekerjaan, informasi jual beli kendaraan, dan informasi lainnya pun dapat dengan mudah kita temui di sosial media. Dengan adanya media social kita dapat salinng bertukar informasi paling update secara cepat. Misalnya saja indormasi seperti gempa bumia, hujan deras, kecelakaan, dan sebagainnya dapat tersebar cepat di social media. Hal ini sangat membantu para penggunanya dalam beraktivitas dan menjalani hari-hari.
• dll.
b. Dampak Negatif
• Lebih tertutup dan menjadi ketergantungan
Mereka juga lebih bergantung pada media social dalam dunia sehari-hari dan cenderung lebih tertutup serta malas untuk berkomunikasi di dunia nyata. Mereka menjadi susah bersosialisasi dengan orang sekitar dan tidak peduli akan lingkungan sekitar.
• Lebih egois dan rasa empati berkurang
Masyarakat menjadi lebih mementingkan diri sendiri dan seperti tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka sehingga empatinya berkurang karena terlalu banyak menghabiskan waktu dengan di media social.
• Dapat mengganggu kesehatan tubuh
Jika mata kita terlalu sering menatap ke layar gadget, maka akan menimbulkan masalah yang serius. Selain itu, terlalu lama bermain gadget juga dapat menimbulkan stres pada otak. Hal tersebut tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Jika otak stres maka tubuh akan rentan terkena berbagai macam penyakit.
• Banyak yang menggunakan sosial media untuk tindak kejahatan
Media social juga kerap digunakan sebagai media untuk melakukan kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hal-hal yang sering sekali terjadi seperti penipuan lewat media social, penculikan, dsb.
• Pornografi
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
Misalnya saja ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja mengambil foto atau gamabr seseorang di media social kemudian disalahgunakan tanpa sepengatahuan korban.
• Penyebaran berita hoax
Tidak semua berita yang tersebar di media social adalah benar dan akurat. Sebagai pengguna kita harus lebih bijak dalam menerima dan menyebarkan berita yang ada dengan mengkonfirmasi atau mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya.
• dll.
Penggunaan media sosial sebenarnya tidak ada salahnya, karena dengan menggunakan media sosial kita dapat saling berkomunikasi dengan orang lain tanpa dibatasi jarak dan waktu. Selain itu, kita juga dapat memperluas pertemanan serta mendapat informasi secara cepat. Akan tetapi, media sosial jika tidak digunakan secara bijak juga bisa menjadi boomerang bagi diri kita sendiri karena dapat memberikan dampak negatif.
Oleh karena itu, kita sebagai pengguna media sosial sebaiknya harus sadar diri serta bersikap lebih bijak dan dalam menggunakan media social secara wajar. Peran orang tua juga sangat diperlukan untuk mengawasi anak-anaknya dalam penggunaan media sosial, sehingga di era globalisasi ini anak-anak tetap dapat menggunakan media sosial tetapi dalam batas wajar dan diharapkan dapat bermanfaat nantinya bagi dirinya serta tidak akan merugikan orang lain.

 

Sumber :

• http://www.markijar.com/2015/07/sejarah-dan-perkembangan-internet-di.html
• https://articara.net/7106/internet-broadband/
• http://nurfahri.web.ugm.ac.id/2017/08/26/pengantar-teknologi-informasi-internet-and-network/
• http://trhyputra07.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-browser-dan-fitur-fitur.html
• http://websiteukm.net/apa-itu-alamat-web-atau-url/
• http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html
• https://dosenit.com/jaringan-komputer/internet/dampak-positif-dan-negatif-sosial-media
• https://semestakublog.wordpress.com/2016/09/27/cara-pencarian-yang-efektif-di-web-dan-resiko-media-sosial/

Leave a Reply

Your email address will not be published.